Memprediksi Juara Piala Dunia 2022

Terus terang saja, bertahun-tahun saya tidak mengamati perkembangan persepakbolaan dunia. Sehingga, saya jelas tidak mampu memprediksi juara Piala Dunia 2022 di Qatar kali ini. Dari 32 negara peserta yang terbagi dalam 8 grup, tentu saja ada yang difavoritkan sebagai juara. Salah satu indikator yang dipakai adalah peringkat negara tersebut menurut FIFA. Saat ini, negara nomor satu adalah Brasil. Tapi, sepakbola bukanlah “ilmu pasti”. Sehingga, peringkat tidak selalu menjadi penentu satu-satunya. Banyak sekali yang bisa jadi variabel. Termasuk yang terkesan irrasional seperti “luck factor“.

Secara pribadi, sejak kecil saya adalah pendukung Argentina. Maka, lazim bila saya juga bukan pendukung Brasil. Dua negara bertetangga itu bak Manchester United dan Manchester City. Dua tim sekota itu tidak pernah akur. Walau permusuhan antara mereka justru tidak sesengit para suporter Persebaya Surabaya dan Arema Malang.

Selain Argentina, saya juga menyukai Inggris. Sayangnya, timnas sepakbola negara asal sepakbola itu justru sudah tidak pernah lagi juara sejak memenangkan kejuaraan pada Piala Dunia ke-8 tahun 1966 yang diadakan di negaranya sendiri. Meskipun Liga Inggris adalah “kawah Chandradimuka” bagi para pemain sepakbola dunia, tapi timnas-nya seringkali “melempem” di pentas internasional.

Tanpa mengerti siapa pemainnya dan bagaimana taktiknya serta “tetek-bengek” lainnya, saya menjagokan Spanyol sebagai juara. Negara itu adalah juara Piala Dunia ke-19 yang diadakan tahun 2010 di Afrika Selatan. Sepertinya cukup pantas bila bisa mengulanginya lagi di tahun ini. Walau sebenarnya, dalam hati saya ingin Portugis yang juara.

Sekali lagi, saya tidak punya data dan kompetensi memadai untuk menetapkan prediksi ini. Semata hanya “hunch” saja.

Andaikata salah pun, saya tidak rugi apa-apa. Lha wong sebagai Muslim, saya diharamkan bertaruh kok. Dan maaf saja, saya memang tidak suka berjudi sama sekali. Jadi, nikmati sajalah pertandingan demi pertandingan. Walau pun harus begadang dan melanggar larangannya Bang Rhoma. Hehehee….

Sumber Data:

  • en.wikipedia.org/wiki/1966_FIFA_World_Cup
  • en.wikipedia.org/wiki/2010_FIFA_World_Cup

Sumber ilustrasi:

  • iloveqatar.net/qatar2022/news/fifa-world-cup-qatar-2022-qualifiers-play-offs-results
  • dreamstime.com/illustration/emoticon.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s