Memahami Karakteristik Pembaca Blog Ini

Pembaca situs blog ini bukan karakter pelanggan. Meski tercatat ada 80 e-mail account yang melanggan newsletter situs blog ini, sehingga mereka akan menerima setiap kali ada tulisan baru yang diunggah.

Dari statistik analitik yang tersedia, datanya menunjukkan para pembaca mampir ke sini karena mencari informasi. Tautannya diberikan oleh situs mesin pencari seperti Google. Banyak yang karena ingin tahu, tapi lebih banyak lagi yang karena mencari jawaban atas penugasan. Sepertinya, pembaca tipe ini adalah pelajar sekolah.

Karena WordPress menyediakan fasilitas pengunggahan multi tanggal, maka saya bisa melakukan pengunggahan tulisan kapan saja untuk tanggal berapa saja. Dan saya tak perlu terlalu kuatir tulisan saya akan “basi”, karena situs blog ini bukan portal berita atau opini. Ini jurnal pribadi saja. Tulisannya kebanyakan berupa opini, jurnal, dan ficer (feature). Kalau pun ada yang aktual terkait berita di media massa, itu sekedar opini atau tanggapan ringan saya saja. Tak begitu penting.

Maka, saya tak kuatir bila tak mengunggah harian. Karena toh nanti bisa “ditambal” dan “dikejar”. Seringkali ada saja tulisan saya yang tak ada pembacanya sama sekali. Ya tidak apa-apa. Tidak masalah. Karena seperti berulangkali saya tulis, saya menulis ini hanya sebagai “katarsis” dan “katalis” bagi diri sendiri, sekaligus sebagai “perawat ingatan” saja. Apabila ternyata berguna bagi orang lain, syukurlah. Itu saja kok.

Kredit Foto Ilustrasi: anyaberkut/Getty Images. Diunggah di: thoughtco.com/put-your-blogger-blog-on-your-web-site-2654317

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s