Nyang Kayak Gini Aje

Terjemahan super bebas berlogat Betawi di judul artikel ini adalah dari judul lagu berbahasa Inggris “Something Just Like This”. Lagu yang dirilis pada 22 Februari 2017 ini dinyanyikan dan dimainkan bersama oleh grup The Chainsmokers dan Coldplay. The Chainsmokers adalah duo musikus elektronik asal Amerika Serikat, sementara Coldplay adalah grup band aliran rock dari Inggris. Kolaborasi apik itu sempat mendudukkan lagu tersebut di sepuluh besar tangga lagu di seluruh penjuru dunia. Juga sempat dinominasikan sebagai penerima “Grammy Award”, penghargaan musik paling bergengsi di dunia.

Lagu ini “mengena” bagi saya karena liriknya. Saya kutipkan bagian yang “gue banget” di bawah ini:

I’m not looking for somebody

With some superhuman gifts

Some superhero

Some fairytale bliss

Just something I can turn to

Somebody I can kiss

I want something just like this

Hal itulah yang saya cari dari pasangan hidup saya. Bukan seorang “superhero” apalagi “makhluk dari dunia dongeng”. Tetapi hanya seorang tempat saya bisa bersandar. Istilah kate, nyang kayak gini aje.

Karena saya salah fokus sebelumnya. Kriteria saya mencari pasangan dahulu adalah semacam “superhero“. Pasangan pertama dan kedua saya keduanya hebat seperti seorang “heroine“. Tapi ternyata, mereka sama sekali jauh dari bayangan saya. Keduanya tak setia. Mereka menginjak kepala saya saat susah, dan menendang saya saat sudah senang. Bak kacang lupa kulitnya. Saat saya butuh mereka, mereka tak ada lagi. Padahal, saya selalu ada dan hadir bagi mereka di saat mereka butuh.

Istri saya saat ini tidak rupawan wajahnya seperti mantan pertama saya yang semi-finalis “beauty pageant” tingkat nasional. Tubuhnya juga tidak langsing seperti mantan kedua saya, walau saat ini beliau juga sudah “makmur”.

Istri saya sekarang juga tidak sepintar kedua mantan pasangan saya. Keduanya alumni sekolah dan kampus bergengsi. Mantan kedua saya malah selalu juara 1 sejak kelas 1 SD hingga 3 SMA. Istri saya sekarang? Kuliah saja tidak karena saat itu orangtuanya mengalami hambatan finansial.

Istri saya pekerjaannya juga tidak sehebat kedua mantan saya. Mantan pertama saya sewaktu bersama saya adalah jurnalis media asing. Sementara mantan kedua saya adalah kepala divisi atau setara direktris di sebuah perusahaan swasta nasional besar. Istri saya? Cuma MuA biasa saja.

Tapi… ada tapinya nih. Saya memang sengaja “mbandingke“. Bukan dalam kerangka menjelekkan, tapi justru sebaliknya.

Dengan segala keterbatasan kapasitas seperti itu, istri saya saat ini mampu menerima saya apa adanya. Ia membuat saya bangkit dari keterpurukan depresi akut yang mendera saya selama bertahun-tahun. Ia bahkan mau dilamar dengan kondisi seadanya. Resepsi pernikahan yang bahkan tidak mengundang satu orang pun teman saya karena keterbatasan tempat dan konsumsi. Biaya pernikahan yang bahkan lebih murah daripada harga sebuah laptop berlambang buah.

Semua itulah yang membuat saya mantap menikahi beliau. Seorang wanita yang jelek, gendut, dan tidak pintar, bila dibandingkan dengan mantan saya. Tapi, dia-lah yang dipilihkan Tuhan bagi saya. Emang dah aye cocoknya ame nyang kayak gini aje. Hehe….

Sumber Data:

  • en.wikipedia.org/wiki/Something_Just_Like_This
  • genius.com/The-chainsmokers-and-coldplay-something-just-like-this-lyrics

Sumber Foto Ilustrasi: Tangkapan layar (screenshot) dari kanal “The Chainsmokers” di youtube.com/watch?v=FM7MFYoylVs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s