Medsos: Pisau Bermata Ganda

Media sosial sebenarnya netral. Ia bebas nilai. Pemanfaatan oleh penggunanya lah yang menjadikannya positif atau negatif. 

Seperti tergambar dari infografik di atas, di negeri kita Youtube menempati peringkat pertama penggunaan. Kedua adalah aplikasi pengirim pesan W.A. (WhatsApp). Dan di peringkat ketiga dan keempat dengan beda persentase tipis adalah Facebook dan Instagram.

Data itu menunjukkan, mayoritas pengguna medsos di Indonesia senang menyaksikan video dan berinteraksi dengan teman atau kenalan. 

Situasi inilah antara lain yang membuat kabar bohong (hoax) dan ujaran kebencian mudah menyebar luas. Apalagi tingkat literasi masih rendah.

Hoax, fake news, dan hate speech itulah antara lain ekses negatif dari medsos. Selain itu juga ada pornografi dan online game yang bisa membuat kecanduan.

Sebenarnya diperlukan satu edukasi terpadu agar tingkat literasi pengguna medsos di Indonesia meningkat. Dan itu bukan hanya tugas pemerintah semata, melainkan juga seluruh stake holder bisa mengambil bagian.

Infografik: katadata com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s