Multiverse (1)

Multiverse (1)

Catatan Awal: Tulisan ini bukan tentang spoiler film “Avengers: Infinity War” (2018), walau terinspirasi darinya. Jadi, Prof. Hilman Fajrian tidak perlu sampai memblokir account Facebook saya ini. 😉

[Tulisan ini semula dimuat sebagai status di account FB utama penulis pada hari Sabtu, 28 April 2018.]

Dalam khazanah perkomikan dunia, ada dua “penguasa” besar: DC Comics dan Marvel Comics. Nama pertama memiliki lisensi atas sejumlah karakter komik. Yang paling terkenal adalah Superman dan Batman. Lalu ada pula karakter lain seperti Wonder Woman, The Flash, Supergirl, Robin, Catwoman dan sederet ‘jagoan’ lain. Mereka tergabung dalam ‘geng’ bernama “Justice League”. Ada pula ‘jagoan nyeleneh’ di kelompok lain bernama “Suicide Squad”.

Marvel memiliki lebih banyak lagi ‘superhero’. Ada “Avengers” yang dipimpin oleh Tony “Iron Man” Stark dan Steve “Captain America” Rogers. Dalam aksinya, mereka berkoordinasi dengan S.H.I.E.L.D. yang dikomandani Nick Fury. Lalu ada “Guardians of the Galaxy” yang dipimpin Peter “Star-Lord” Quill dan Rocket. Juga ada “X-Men” yang dipimpin Profesor Charles Xavier dengan murid andalannya Wolverine.

“Marvel’s Universe” ini terpisah dalam “semesta” atau “jagat” yang berbeda. Ada Asgard dengan sembilan “realm”-nya yang merupakan semestanya Thor the Odinson. Ia merupakan dewa legenda bangsa Nordic, yang kini sebagian berada di wilayah Norwegia. Ada pula jagatnya “Guardians of the Galaxy” yang berpusat pada Ego, ayah Quill yang punya kemampuan ala tuhan. Tentunya juga ada Bumi yang dijaga para “Avengers”. Di Bumi yang lain dalam “Semesta Marvel” ada pula X-Men yang mutan hidup berdampingan dengan homo sapiens biasa. 

Hal yang jelas, di dua Bumi versi “Marvel” itu, tak ada kota Metropolis tempat tinggal Superman dan Gotham kotanya Batman. Bahkan dalam “DC’s Universe” pun, Bumi yang ada National City tempat Kara  “Supergirl” ZorEl/Danvers hidup berbeda dengan Bumi-nya Barry “The Flash” Allen yang tinggal di Central City. Masih ada lagi “semesta”-nya Green Lantern yang merupakan bagian dari “Guardians of the Universe” milik DC Comics. 

Itulah “multiverse”.

(Bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s