Portal Berita

Semalam, di Senayan City Kelompok Kompas Gramedia merayakan ulang tahun kelima Kompas.com. Dalam kesempatan tersebut, juga diluncurkan logo baru portal berita terbesar di Indonesia itu. Tapi yang paling menarik adalah dibuatnya berbagai inovasi baru. Salah satunya adalah personalisasi bagi pembaca. Jadi, nantinya pembaca bisa memilih berita apa saja yang dia hendak baca tiap harinya. Karena setiap hari Kompas.com memuat tak kurang dari 500 berita, maka tak mungkin pengakses membaca semuanya.

Itu luar biasa inovatif menurut saya. Karena di zaman teknologi informasi ini, memang peluberan informasi (information overload) tak terhindarkan lagi. Tiap hari kita dibombardir oleh media massa maupun media periklanan di berbagai tempat. Nyaris tak ada ruang privasi lagi. Telepon seluler pun dijadikan media “pemaksaan” informasi. Kecuali kita menyingkir dari kota dan hidup di hutan perawan, tak mungkin menghindar dari informasi.

Maka, personalisasi informasi seperti dilakukan Kompas.com sangat luar biasa. Pembaca jadi dimudahkan dan dihemat waktunya. Kalau kita cuma minat berita olahraga misalnya, tak perlu kita diberi sajian berita ekonomi. Dengan demikian, nantinya tampilan halaman muka tiap pengguna akan berbeda sesuai seleranya.

Ini tentu membuat Kompas.com sulit disaingi portal berita mana pun di Indonesia. Saya yang sejak dua tahun lalu mempersiapkan portal berita pun terpaksa mereduksi impian. Investor sudah mundur beberapa waktu lalu. Terutama karena dihadapkan pada kenyataan bangkrutnya Saling-Silang group yang antara lain mengelola portal opini Politikana.com. Saya harus “tahu diri” bahwa mustahil menyaingi Kompas.com yang memiliki jumlah pengunjung (unique visitors) sekitar 21 juta orang per bulan. Namun, bukan mustahil turut berkiprah mewarnai jagat portal berita internet negeri ini. Terutama mengingat niat awal saya adalah berkontribusi bagi Indonesia. Dengan terus memijak bumi agar realistis, pandangan tetap saya arahkan ke angkasa karena insya Allah ini cita-cita yang harus “digantungkan di langit”. Setidaknya, Kompas.com bisa jadi parameter “batas atas” bagi siapa pun pengelola portal berita di Indonesia. Hebat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s