Hakekat Hidup

Apa sih hakekat hidup?

Jawaban dari pertanyaan itu tetap menjadi misteri sepanjang sejarah manusia. Tidak ada yang tahu pasti jawabannya. Bahkan meski agama menyatakan bahwasanya Tuhan telah menurunkan sejumlah Nabi untuk memberikan petunjuk. Petunjuk. Tapi bukan jawaban.

Banyak yang merasa mampu menyelami hakekat hidup cuma dengan membaca buku atau mengikuti pelatihan yang mengklaim “memberi petunjuk”. Tapi sejatinya, hakekat itu cuma bisa didapat dengan menyelami sendiri aneka pengalaman yang memperkaya hidup.

Memang, berbagai buku, pelatihan atau apa pun yang sifatnya eksternal bisa sebagai semacam “pengingat”. Namun, tetap saja, hakekat hidup harus dicari melalui perjalanan. Walau secara agama ditetapkan hakekat hidup adalah untuk “mengabdi pada Tuhan”, namun hakekat hidup manusia sebenarnya berbeda-beda.

Ini karena “misi hidup” tiap manusia juga berbeda. Dan tugas kita masing-masing untuk menemukannya sendiri.

Bagaimana bila tidak? Berarti kita menjalani hidup yang biasa saja. Kita tidak tahu untuk apa kita hidup. Karena kita gagal menemukan hakekat hidup yang bahkan seringkali tidak pernah kita cari sepanjang hidup.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s