Berbuatlah Sesuatu Untuk Bangsa Kita

Kemarin, saya menutup posting dengan “3-M” ala Aa’ Gym. Sebenarnya, ungkapan itu bukan khas atau orisinal darinya. John C. Maxwell dalam bukunya Developing The Leader Within You (1993) juga pernah mengungkapkan hal serupa. Tentu saja dalam bahasa Inggris: “Start Early, Start Small, Start Now”.  Sehingga singkatannya jadi “3-S”. 😉

Tapi itu tak masalah. Terinspirasi siapa pun saya rasa bukan plagiat. Karena itu saya selalu berusaha jujur dengan mencantumkan dari siapa saya terinspirasi dalam setiap kutipan. Alih-alih mendaku itu milik saya.

Nah, berbuat sesuatu untuk bangsa kita juga dimulai dari hal-hal kecil. Sehingga kita tidak “selfish” dan narsis mengurusi diri sendiri (dan keluarga) melulu. Apa langkah konkretnya?

  1. Bergaul dengan lingkungan. Coba, apakah Anda kenal nama tetangga kanan-kiri-depan-belakang Anda? Radio GenFM pernah iseng bertanya pada pendengarnya, namun ternyata banyak yang tidak kenal. Saya juga punya pengalaman saat sebagai Pemred Buku Tahunan SMA saya harus berkeliling mengedarkan buku dari rumah ke rumah. Ternyata banyak sekali yang tidak tahu nama tetangganya. Makin elite kompleksnya, makin sulit mencarinya. Di kampung, malah mudah karena masih cukup guyub. Nah, di lingkungan ini ada berbagai kegiatan terutama saat ada peringatan hari besar. Berpartisipasilah. Ikut panitia 17-an sudah merupakan kontribusi bagi bangsa walau skalanya RT atau RW.
  2. Dayagunakan kompetensi dan keahlian Anda. Seringkali, apa yang kita anggap biasa, ternyata luar biasa bagi orang lain. Misalnya di kantor Anda ahli akuntansi, bantulah orang yang kurang mengerti seperti bendahara RT. Atau kalau perlu, ajukan diri sebagai bendahara sekalian. Juga misalnya keahlian komputer, bantulah anak-anak di sekitar Anda agar dapat belajar gratis.
  3. Berjejaring dan berkomunitas. Ada banyak manfaat dari ini. Secara pribadi menambah teman selalu menguntungkan. Bukankah satu musuh terlalu banyak, seribu teman terasa kurang? Selain itu, dengan berkomunitas kita juga makin kuat seperti pepatah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Bersama-sama, lebih mudah berkontribusi bagi bangsa. Misalnya komunitas bersepeda yang berhasil menyadarkan pemerintah perlunya jalur khusus bagi pesepeda dan mengkampanyekan gerakan hidup sehat dengan mengurangi polusi.
  4. Bersuaralah. Apabila ada yang kurang baik atau tidak memuaskan dari layanan publik, bersuaralah. Sampaikan pada instansi bersangkutan atau tulis surat pembaca. Saya sendiri beberapa kali melakukan ini dan alhamdulillah ada perbaikan walau instansi bersangkutan tidak pernah mengkonfirmasi kepada saya.
  5. Jaga fasilitas umum dan taati peraturan. Coba perhatikan, berapa banyak orang Indonesia yang melakukan ini di jalan raya? Lampu merah diterobos, menyeberang tidak pada tempatnya, tidak menyiram toilet umum seusai digunakan, membuang sampah sembarangan, dan aneka tindakan tercela lainnya. Tahukah Anda, ketidakpedulian pada hal-hal “kecil” semacam ini akan membawa kita pada ketidakacuhan yang lebih besar.
  6. Penuhi kewajiban sebagai warga negara. Bila Anda warga negara yang baik, ada sejumlah kewajiban yang harus dipenuhi seperti memiliki KTP dan surat-surat lain. Termasuk pula membayar pajak. Terkait dengan nomor lima di atas, masih banyak di antara kita yang cuek dan baru mengurus hal-hal semacam itu bila terkena teguran petugas.
  7. Intinya, lakukan apa saja sesuai keahlian, keinginan dan kemampuan kita. Dan yang terpenting, luangkan waktu! Percayalah, ini justru investasi bagi kualitas hidup Anda sendiri. Kenapa? Karena orang akan mengenal Anda sebagai pribadi hebat yang bukan hanya taat tapi juga mampu berguna bagi bangsa dan sesama rakyat. Dengan begitu, bila suatu saat Anda butuh pertolongan, banyak yang siap menolong. Sip kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s