MeTime

Prioritas tiap orang adalah diri sendiri. Karena secara manusiawi memang tiap manusia hanya tahu tentang dirinya sendiri. Kita hanya bisa melihat dengan mata kita, mendengar dengan telinga kita, merasa dengan indra perasa kita. Namun, justru terlalu fokus pada diri sendiri akan membuat kita menjadi teralienasi dari semua hal di luar diri kita. Saya mengistilahkannya “sibuk dengan diri sendiri”.

Sibuk dengan diri sendiri berarti tak peduli dengan orang lain. Kita hanya fokus pada kepentingan kita sendiri. Misalnya saat kita sedang makan dan ada pengemis, kita tak peduli. Boleh saja menolak kalau memang sedang tak ada uang receh, asalkan tetap ada rasa peduli. Rasa ini akan menimbulkan rasa lain yaitu rasa bersalah apabila tak berbuat kebaikan.

Namun itu bukan berarti kita tak boleh punya waktu untuk diri sendiri. Istilahnya “MeTime”. Di akhir pekan, bagi yang sudah berkeluarga, akan meluangkan waktunya untuk keluarga. Bagi yang belum, akan lebih mudah menemukan waktu bagi diri sendiri. Tapi bukan berarti yang sudah berkeluarga akan sulit. Asalkan kita meminta pengertian kepada orang di sekitar kita, waktu untuk diri sendiri bisa diperoleh. Misalnya saja untuk melakukan hobby pribadi seperti berkebun, merawat koleksi, memberi makan atau memandikan hewan peliharaan, atau sekedar menyepi untuk bermeditasi misalnya.

Tak jarang, kita harus sengaja meluangkan waktu untuk mendapatkan waktu bagi diri sendiri. Apalagi kalau untuk sesuatu yang sifatnya “bekerja” seperti membereskan rumah. Biasanya, kalau sudah sekian tahun memiliki rumah, barang-barang bertumpuk begitu saja. Dan untuk itulah perlu waktu khusus untuk membereskan dan memilahnya. Bila sudah tidak diperlukan, buang atau berikan pada orang lain yang mungkin lebih membutuhkan. Bagi yang kerap bekerja dengan komputer, “bersih-bersih” di sini termasuk pula untuk urusan file. Begitu banyak redundancy file yang kerapkali memenuhi hard disk kita. Itu tentu harus dibersihkan agar tidak jadi sampah.

MeTime berkualitas tentu saja yang bisa membuat hidup kita tambah berkualitas. Dan tentunya siap menyongsong setiap hari dengan bersemangat. Agar kita tidak cuma “sibuk dengan diri sendiri”, tapi juga berguna bagi siapa pun di sekitar kita.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s