Mati Angin

Angin masih belum berubah arah. Seperti kapal kehilangan kendali, itulah yang sedang terjadi pada kehidupan saya. Saya lantas teringat pada seri film Pirates of the Carribean. Salah satu tokohnya adalah Captain Jack Sparrow yang jenaka, usil tapi juga culas. Ia bahkan bisa mengakali kematian dengan kemampuan bersiasatnya. Toh, kapal yang dipimpinnya tetap perlu angin. Kalau “mati angin”, tetap saja ia tak bisa ke mana-mana.

Sayangnya, bertiupnya angin di luar kendali manusia. Maka, seahli apa pun seorang pelaut, kalau memang sedang “mati angin”, yang bisa dilakukannya hanyalah menunggu. Tentu seraya bersiaga apabila angin tiba-tiba bertiup kembali, semua awak harus siaga mengangkat sauh dan kembali membentangkan layar.

Untunglah zaman sudah berubah. Kini kapal tak lagi hanya mengandalkan layar. Sehingga kondisi “mati angin” sudah tak terjadi lagi. Namun kondisi-kondisi lain tetap sama, badai laut yang hebat, ancaman perompak, atau malah “mati mesin”  di tengah laut. Tentu masih ada ancaman lain seperti dihadapi oleh Titanic seperti batu karang yang bisa merobek lambung kapal.

Hidup kita adalah sebuah bahtera. Ia mengarungi samudera kehidupan umat manusia yang luas. Dalam samudera itu juga bersinggungan hal-hal lain seperti alam. Dan tentunya di samudera itu ada bahtera-bahtera lain milik orang-orang lain. Dan di situlah perlunya keahlian mengemudikan agar tidak bertabrakan. Artinya, kita perlu kemampuan interpersonal yang baik agar bisa sama-sama mengarungi samudera dengan aman bersama jutaan bahtera lain.

Dan di situlah saya amat kurang. Sehingga kini saat menghadapi kondisi “mati angin”, saya kelimpungan mencari bantuan dari bahtera lain. Suar sudah ditembakkan, sinyal “mayday” sudah diteriakkan, namun yang diharapkan belum juga datang. Angin masih belum berubah arah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s