Self Censorship

Anda mungkin melihat, tulisan saya kemarin yang tersisa tinggal gambar ilustrasinya saja. Tulisan aslinya sempat muncul selama beberapa menit, dan lucunya karena masalah jaringan malah sebagian besar terhapus. Padahal, tulisan yang bertema soal bom itu cukup ‘keras’. Intinya, saya menganalisa mengenai kemungkinan adanya “conspiracy theory” dan rekayasa. Walau begitu, saya merasa bukti yang saya ajukan kurang dan hanya berupa dugaan.

Tulisan saya berupa analisa pasca meledaknya bom di Masjid Adz-Dzikra Mapolresta Cirebon pada hari Jum’at, 15 April 2011 lalu juga pernah batal saya unggah ke situs Politikana. Alasannya pun sama, saya kuatir tulisan itu akan bermasalah. Apalagi yang saya kritisi bukan main-main, yaitu pihak kepolisian.  Melihat perkembangan situasi akhir-akhir ini terhadap sejumlah ‘nama beken’ seperti Antasari Azhar atau Susno Duadji yang bisa ‘dikotakkan’, maka saya kuatir rakyat biasa seperti saya akan mudah dihajar. Karena itulah saya melakukan “self-censorship”.

Untuk urusan hukum saya memang selalu berhati-hati. Maka, meski ini blog pribadi, saya tahu ini adalah sebuah media yang bersifat publik. Jadi, delik pidana dan hukum lainnnya berlaku di sini. Salah menulis, bisa dikenai aneka delik seperti pasal penyebar kebencian yaitu pasal 310 dan 311 KUHP. Belum lagi bila informasi yang disampaikan keliru atau tidak benar, bisa jadi akan ada pasal lain yang menjerat.

Jangankan tulisan di blog yang bersifat artikel cukup panjang, status di FaceBook atau Twitter saja bisa dikenai pasal-pasal hukum kok. Karena itu, hati-hatilah bila berkomunikasi di ruang publik. Jangan asal curhat apalagi menyangkut orang lain tanpa didasari bukti yang cukup. Lebih baik melakukan sensor kepada diri sendiri daripada harus berhadapan dengan hukum kan?

Catatan: tulisan kemarin kemudian saya tulis ulang, daripada cuma ada gambar kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s