Hati-hati Penipuan di Internet

Akhir-akhir ini banyak penawaran barang melalui internet. Ada yang melalui e-mail, tapi banyak juga yang melalui FaceBook atau blog. Saya juga membaca beberapa kali ada saja yang tertipu karena sudah mengirim uang tapi barang tak kunjung dikirim. Bukannya menggeneralisasi bahwa semua account semacam itu palsu atau penipu, namun jangan memesan bila kredibilitas penjual kurang memadai. Beberapa teman saya ada yang berbisnis online dengan cara ini dan berhasil, karena mereka menjaga amanah.

Sebenarnya, bila kita memesan barang jarak jauh, satu hal yang harus dipastikan adalah penjual memiliki alamat tetap yang dapat dilacak. Telepon tetap (PSTN) juga sebuah keharusan, karena telepon genggam jelas nomornya mudah diganti. Andaikata ada pembeli lain sebelumnya, bagus juga bila meminta referensi (biasanya dicantumkan testimoni dengan identitas jelas). Tapi memang yang lebih main adalah insting atau feeling Anda sendiri.

Pemesanan barang jarak jauh sebaiknya dilakukan apabila barang tersebut memang tidak ada di kota tempat domisili kita. Kalau ada di toko, meski harga lebih mahal, lebih baik membeli di toko saja. Atau ada potongan harga karena membeli dalam jumlah banyak. Bila yang terakhir alasannya, harus dipastikan penjual sangat bisa dipercaya. Kalau mungkin, buat sistem pembayaran uang muka lebih dulu.

Memang serba salah, kalau penjual ingin menunjukkan kredibilitas, barang bisa dikirim dulu. Tapi bila pembelinya yang ‘nakal’, malah bisa-bisa barang tak dibayar. Yang lebih baik memang ‘ada uang ada barang’. Bisa juga memakai jasa perantara ketiga, namun di Indonesia hal ini tidak populer.

Bila ada sistem pembayaran dengan kartu kredit atau Pay Pal, hal itu jelas lebih baik. Karena bagaimanapun pihak penerbit kartu pastinya sudah mengecek identitas merchant-nya.

Intinya, hati-hati. Jangan mudah tergiur harga murah apalagi lebih dari 30% dari harga pasar. Cek ulang beberapa kali sebelum memutuskan mengirim uang. Karena sesal kemudian tak berguna.

One response to “Hati-hati Penipuan di Internet

  1. Ping-balik: Jangan Mudah Percaya « LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s