Kerja & Kesenangan

Para motivator dengan senang hati akan mengatakan bahwa kerja yang dibarengi kesenangan akan membuahkan hasil optimal. Ada lagi yang membaliknya, agar bisa senang dalam bekerja, mulailah mencari jenis pekerjaan yang sesuai kesenangan kita. Kata “pekerjaan” sebenarnya bisa diganti “mencari nafkah”, yang berarti bisa berupa menjadi profesional, usahawan atau investor. Ini bila kita merujuk pada kuadran aliran uang ala Robert T. Kiyosaki lho. Kata “kesenangan” juga bisa diartikan dengan banyak cara. Bukan hanya sekedar “happiness” tapi lebih kepada gairah atau semangat, yang dalam bahasa Inggris disebut “passion”.

Sobat saya Rene Suhardono -yang kolomnya bisa Anda baca di harian Kompas tiap hari Sabtu-, menulis dalam bukunya Your Job is Not Your Career bahwa passion inilah yang bisa membuat kita bersemangat mengejar achievement. Artinya, kerja terasa seperti sebuah kesenangan, dan kita bisa bersenang-senang dalam bekerja. Kalau mengutip ungkapannya Stephen Covey, orang yang senang dalam bekerja itu ibarat angsa yang bertelur emas. Itu karena ia melakukannya dengan senang hati, sehingga hasilnya pun optimal.

Itulah yang saya rasakan hari ini. Setelah pagi tadi mengantarkan “partner in life” saya mengikuti ujian TOEFL “formalitas” untuk mengikuti studi S-2 di sebuah kampus bisnis sebagai hadiah atas keberhasilannya meraih award beberapa waktu lalu (baca kembali postingan saya tanggal 22 Desember 2010), saya meluncur ke acara TDA Forum. Segera setelah itu, saya musti mengejar rapat. Malam ini pun, saya masih saja bekerja meski tidak banyak dan diselingi bersantai menonton DVD. Semua itu saya jalani dengan fun, tidak terasa seperti bekerja, walaupun ini hari Sabtu dimana banyak orang berlibur. Saya merasa memang inilah passion saya, walau telur emasnya belum saya dapatkan sepenuhnya. Namun, mengutip perkataan yang seringkali diulang-ulang pemerintah terutama terkait pencapaian di bidang ekonomi, saya yakin bahwa hidup saya “on the right track”.

Keyakinan itu ditambah analisa Yuswohady yang dalam TDA Forum tadi memberikan insight bahwa ekonomi Indonesia akan booming di tahun 2011. (laporan mengenai materi acara tadi siang akan saya share di hari Senin, insya ALLAH). Maka, bagi Anda yang berbisnis, inilah saatnya mengambil kesempatan, karena peluang akan banyak sekali. Sementara bagi yang bekerja, bekerjalah makin giat agar perusahaan makin maju dan efeknya tentu penghasilan dari gaji dan bonus akan meningkat. Ini saatnya bagi kita semua, manusia Indonesia, bekerja dengan penuh kesenangan! Hayo, kita bisa!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s