Ujian

Bila kemarin kita bicara soal “Ujian Nasional”, maka kali ini saya akan membahas mengenai “ujian” dalam pengertian yang lebih luas. Dalam hal ini, ujian dalam kehidupan.

Kerapkali, usai menamatkan sekolah di tingkatan apa pun, kita merasa tidak lagi menghadapi ujian. Padahal, ujian datang setiap saat. Bahkan, beda dengan ujian sekolah yang terjadwal, ujian dalam kehidupan datang tanpa pemberitahuan lebih dulu. Bahkan, mata ujiannya pun kita tidak tahu.

Misalnya ujian bernama “kesabaran”, yang bisa datang dengan aneka ragam soal. Bila dalam ujian sekolah soal terbatas tipenya, kalau tidak multiple choices, menjodohkan pernyataan, benar-salah atau uraian (juga ada varian lain yang tetap saja terbatas), dalam ujian kehidupan soalnya tak terbatas bentuknya.ย  Kesabaran bisa datang dari kemacetan lalu lintas saat ada janji meeting penting, anak yang rewel saat akan kita tinggal ke kantor, atasan yang tak mau tahu pada tugas yang diberikan, dan macam-macam lagi.

Tak jarang, ujian datang sekaligus. Misalnya dalam hal tugas dari atasan, bukan sekedar kesabaran yang diuji, tapi juga kompetensi dan ketelitian kita. Dan seringkali pula, ujian-ujian itu terus berulang.

Namun yang jarang disadari, pengulangan bisa terjadi karena dua hal: kita tidak lulus ujian tersebut, atau justru sudah naik level. Cermati saja bobot dari ujiannya. Bila makin berat, bisa jadi sudah naik level. Inilah yang jarang dimaklumi oleh kita. Karena mirip dengan ujian sekolah, kita pun akan mendapat kelulusan dari tiap mata ujian. Bedanya, kita tak pernah tahu nilainya. Hanya dari implementasi kita saat menjalani hidup saja kita bisa tahu seberapa baik kita melewati ujian tadi.

Dan satu lagi yang berbeda dari sekolah biasa, dalam “Sekolah Kehidupan” atau LifeSchool, masa belajarnya adalah seumur hidup. Kita baru “diwisuda” setelah kematian menjemput. Dan saat malaikat menyapa dengan senyuman, serta di dunia orang lain banyak membicarakan kebaikan yang telah kita tinggalkan, berarti kita telah benar-benar lulus ujian dengan nilai tinggi. ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s