Promosi Jabatan

Dalam berkarier di pekerjaan, promosi jabatan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Hal ini tentu karena konsekuensi yang lazim menyertainya, berupa kenaikan penghasilan dalam aneka bentuk. Tidak hanya gaji pokok, melainkan juga tunjangan dan fasilitas lain. Apalagi dalam pekerjaan, promosi jabatan merupakan hal yang nyaris tak tertebak parameternya.

Kenapa begitu? Karena tidak seperti sekolah di tingkatan apa pun, dari SD hingga doktoral, parameter kenaikan pangkat tidak sama dengan kelulusan suatu pelajaran yang berefek pada kenaikan jenjang pendidikan. Dalam kelulusan mata pelajaran, semua murid mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti pelajaran dan pada akhirnya mengikuti ujian. Andaikata ada 40 murid dalam kelas, semuanya berpotensi mendapatkan nilai maksimal. Sebutlah nilai 10, 100 atau A.

Sementara dalam pekerjaan, tidak semua karyawan mendapatkan kesempatan yang sama. Penugasannya pun kerapkali berbeda. Alhasil, kesuksesan dalam karier tergantung pada banyak hal, karena tidak semua karyawan mendapatkan ‘ujian’ yang sama. Jadi, andaikata ada 40 karyawan dalam suatu bagian misalnya, tidak semua mendapatkan kesempatan meraih hasil maksimal berupa promosi jabatan. Memang mustahil bila semua karyawan dalam suatu bagian menjadi supervisor misalnya.

Namun di luar promosi jabatan, sebenarnya ada hal yang menjadi rutinitas dari pekerjaan seseorang. Itu adalah kenaikan pangkat. Setiap beberapa tahun sekali secara periodik hampir pasti ada kenaikan pangkat bagi tiap pegawai. Meski kecepatan dan ketinggiannya tergantung prestasi, namun pegawai boleh berharap pada hal ini terutama bila ia tergolong yang prestasinya pas-pasan saja. Akan tetapi, bila kondisi ini yang terjadi, maka inilah yang disebut sebagai kondisi seseorang hanya memiliki pekerjaan, namun tidak memiliki karir sama sekali.

Maka, untuk mendapatkan promosi jabatan, seorang pegawai harus menunjukkan dirinya sebagai SDM yang cakap dan berharga. Sehingga, perusahaan tidak akan ragu dalam memberikan promosi jabatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s