Take Me Out & Cari Jodoh

logo-tmoHari ini, harian Kompas menurunkan laporan tentang acara Take Me Out Indonesia di halaman pertamanya. Menarik, karena seminggu sebelumnya Samuel Mulia selaku kolumnis sudah membahas mengenai hal yang sama, walau tentu dari sudut berbeda. Meski dalam tulisan di harian Kompas acara ini cuma bagian dari pembahasan besar mengenai tema “urusan pribadi” di televisi, foto ilustrasinya menampakkan salah satu segmen acara ini. Apalagi ada profil presenter prianya Choky Sitohang di halaman 15. Lengkap sudah acara ini jadi “bintang” dalam segmen hiburan televisi Kompas hari ini.

Saya sendiri kalau sedang sempat duduk manis di depan TV memang beberapa kali menyaksikan acara ini. Meski malah lebih sering tayang ulangnya di hari Minggu. Padahal acara ini jadwal tayangnya di Indosiar adalah hari Jum’at jam 19.30 untuk Take Me Out Indonesia (TMOI) dan hari Sabtu jam 19.30 untuk Take Him Out Indonesia (THOI). Di dua hari itu saya lebih sering masih belum sampai di depan TV saat acara itu ditayangkan.

Kalau Anda pernah menyaksikannya, tentu ada beda antara TMOI dan THOI. Kalau di TMOI ada 30 wanita yang memilih 7 pria, di THOI proporsinya terbalik. Tentu saja, bagi yang berada di balik podium berlampu posisinya lebih kuat karena selain “menang jumlah”, mereka juga dalam posisi memilih. Posisi memilih itu didapatkan dengan hak mematikan lampu bila tidak berminat pada salah satu dari 7 kontestan yang tampil ke panggung. Menurut Kompas, fenomena acara ini ditambah sejumlah acara lain seperti infotainment, reality show atau talk show serupa membahas hal-hal yang dahulu tabu karena termasuk ranah privat, kini malah diumbar kepada publik oleh pelakunya sendiri. Dan hebatnya, rating acara-acara ini cukup tinggi. Menurut produser TMOI/THOI dari Freemantle Media, audience share-nya mencapai angka 30 persen.

Bagi saya, fenomena ini sebenarnya sejalan dengan fenomena Web 2.0, dimana tiap individu di muka bumi bisa menegaskan eksistensi dirinya yang menjurus kepada perangai narcisstik. Friendster, Facebook, Flixster, dan situs jejaring sosial lainnya membuat siapa pun bisa menampilkan diri. Itu masih ditambah situs seperti youtube yang jelas bisa membuat siapa pun menjadi “bintang film” atau “sutradara” dengan men-submit video karyanya sendiri. Bahkan untuk ajang “cari jodoh” pun bisa dibuat se-komersial mungkin seperti TMOI/THOI tersebut. Jika sebelumnya ada cara semacam kontak jodoh tradisional seperti rubrik bernama “Pertemuan” di harian Kompas, kini banyak cara modern termasuk lewat situs internet dan acara televisi.

Ada beberapa kenalan saya yang akhirnya menikah setelah bertemu jodoh lewat “cara modern” semacam ini. Bahkan ada seorang teman wanita saya yang karena berkenalan lewat chatting, ia belum pernah bertemu muka langsung dengan sang calon suami. Ia benar-benar baru bertemu dengannya di Hari-H pernikahan apalagi “sang pacar maya” adalah orang asing. Untungnya ia mendapatkan jodoh yang baik, sehingga pernikahannya berlangsung lancar. Akan tetapi, tak jarang terjadi penipuan dengan cara perkenalan yang bak “membeli kucing dalam karung” ini.

Jadi, meskipun ada di antara kita yang begitu ingin “diajak keluar” (take me out) terutama keluar dari status “jomblo”, kehati-hatian tetap diperlukan. Apalagi saat di acara publik atau untuk konsumsi hiburan televisi, para penampil kerap kali tidak menjadi diri sendiri. Artinya, penampilan mereka sudah dipoles sedemikian rupa dan menjadi tidak asli. Walhasil, jangan kecewa kalau idealisasi yang sudah dicanangkan buyar begitu berinteraksi di dunia nyata. Memang itulah resikonya…

3 responses to “Take Me Out & Cari Jodoh

  1. nama produser,,sutradara,,tim kreatif nya sapa ?
    soalnya saya mau bikin review mengenai acara ini untuk tugas akhir nehh….
    balas yakk..

    makasii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s