Siapa sih PKI itu, Ma?

Hari ini merupakan “tanggal keramat” semasa Orde Baru berkuasa. Karena di tanggal inilah Pancasila yang sakti mengalahkan PKI yang batil. Begitu kira-kira plotnya. Jadi mirip-mirip Bharatayudha antara Kurawa dan Pandawa tentunya.

Padahal, peristiwa tersebut adalah peristiwa historis. Dalam peristiwa ini PKI dituding melakukan upaya penggulingan kekuasaan pemerintah yang syah guna menggantikan ideologi negara yaitu Pancasila. Makanya, setelah pemberontakan digagalkan, maka tepat satu hari setelahnya diperingati sebagai “Hari Kesaktian Pancasila”.

Tapi itu cerita ala PMP, PPKN atau PSPB di masa lalu.

Kini di era reformasi, khalayak mulai meragukan bahwa PKI adalah dalang peristiwa itu. Setidaknya, ada sejumlah versi mengenai dalang peristiwa yang berlangsung pada 30 September 1965 itu, yaitu:

  1. PKI  sebagai dalang utama, dengan sokongan Soekarno sendiri dibantu RRC dan Uni Sovyet sebagai negara-negara ‘mbah’nya komunisme.
  2. Soekarno sebagai dalang dengan memanfaatkan PKI dan politik adu domba kekuatan Nasakom (Nasionalis-Agama-Komunis).
  3. Soeharto sebagai pihak yang paling mendapatkan keuntungan karena ia dilimpahi kekuasaan untuk memulihkan keamanan dan ketertiban sebagai epilog pemberontakan gagal itu. Kekuasaan yang dengan dasar Supersemar itu digunakannya justru untuk menyingkirkan Soekarno dari kursi kepresidenan.
  4. TNI AD atau faksi-faksi di dalamnya. Ini agak terkait dengan Soeharto karena nyatanya hanya faksi pro-Soeharto yang bergerak menghantam PKI dan kemudian sekaligus menghantam pula Soekarno dan pendukungnya.
  5. Konspirasi internasional dengan dalangnya adalah CIA. Pandangan ini beralasan karena Soekarno dipandang sebagai pemimpin dunia ketiga (pasca KTT AA 1955) yang malah mendekat ke blok timur komunis yang jelas merupakan musuh blok barat kapitalis dalam Perang Dingin.

Teori mana pun yang Anda percaya, cobalah untuk berkepala dingin. Apa yang kita kira benar di masa lalu, seringkali terbukti tidak lagi benar atau minimal berkurang derajat kebenarannya sekarang. Maka bukan tidak mungkin yang kita kira benar sekarang, bakal jadi salah di masa depan.

Namun yang paling penting justru tetap mengingat dan mencatat peristiwa historis itu dalam sejarah bangsa. Jangan sampai malah terjadi “cuci tangan sejarah”, mentang-mentang peristiwa itu menghantarkan Soeharto yang kemudian terbukti jadi diktator ke tampuk kekuasaan, lantas pembantaian yang terjadi pada tahun kelam itu terlupakan. Juga yang penting, kita sebagai orang tua di zaman Naruto dan Ben 10 ini harus bersiap-siap menerima pertanyaan dari anak-anak kita: “Siapa sih PKI itu, Ma?”

One response to “Siapa sih PKI itu, Ma?

  1. Ping-balik: 30 September 1965 – 2010 « LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s