Internet Marketing & SEO

Ada banyak cara untuk menjadi terkenal. Dan salah satu cara itu adalah dengan menjadi ‘banci tampil’. Di dunia maya, hal itu sangat mungkin terjadi. Seorang punggawa milis misalnya, bisa mendapatkan order menggarap website content dari perusahaan. Apalagi pemilik blog atau website. Selain bisa diundang ke seminar, mendapatkan koneksi bisnis, malah sampai dapat award segala.

Akan tetapi, jangan kira semua itu dapat terjadi sekejap mata. Karena sama saja dengan di dunia nyata, semua perlu upaya. Ujung dari semuanya tidak semata keterkenalan tentu. Tapi sebagai upaya mendulang uang. Yah, UUD-lah. Ujung-Ujungnya Duit, walau positif.

Demikian pula di dunia maya. Internet sungguh-sungguh bisa dijadikan alternatif mata pencaharian. Saya masih bilang alternatif, karena pasar di internet masih belum benar-benar tumbuh. Apalagi negeri kita adalah negeri dengan ‘low trust society’. Artinya, akuntabilitas seseorang di dunia maya sangat perlu dipertanyakan. Banyak sekali ‘hantu maya’ menghuni jagat internet Indonesia. Ini membuat komunikasi di internet masih perlu kehati-hatian ekstra. Apalagi bila dimaksudkan untuk mencari uang. Karena salah-salah, malah bisa berurusan dengan hukum.

Bagusnya, berjualan di internet masih belum terlalu diperhatikan oleh pemerintah. Meski sudah ada UU ITE, namun implementasinya masih perlu nafas panjang. Menyenangkan berjualan lewat dunia maya karena kita bisa memintas banyak aturan yang berlaku di dunia nyata.

Bila Anda memilih ‘berperang’ di dunia maya, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Satu hal yang buat saya paling penting adalah kemampuan memaksimalkan mesin pencari. Bahasa Inggrisnya Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Saya sudah pernah menuliskan sebelumnya kalau SEO itu memang bertujuan menjadikan mesin pencari sebagai ‘biro iklan’ kita. Kalau bisa, malah gratis. Tentu tidak gratis-gratis amat, karena kita tetap perlu membayar biaya sambungan internet. Akan tetapi, bila tahu caranya, iklan gratis di mesin pencari –tanpa perlu membayar ruang iklan kepada pemilik situs pencari- pasti bisa didapatkan.

Saat ini, mesin pencari paling populer adalah Google. Karena itu, optimisasi banyak dilakukan kepadanya. Nukman Luthfie menyebut Google itu bak malaikat yang tak bisa disogok. Ia mencatat semua amal kita di dunia maya, baik atau buruk. Ia mencontohkan bila kita mengetikkan nama suatu provider internet, maka di halaman pertama akan muncul artikel keluhan tentang pelayanan provider itu. Meski sudah ada berbagai upaya promosi, dosa di masa lalu itu masih belum tergantikan.

Karena itu, hati-hati dengan Google. Jangan ambil jalan pintas dengan memakai kata kunci (keyword) yang tidak sesuai. Hits atau jumlah pengunjung situs bukanlah ukuran keberhasilan utama dari sebuah situs. Apalagi bila itu situs yang dimaksudkan sebagai gerbang transaksi elektronik. Ukuran sebuah situs e-commerce yang berhasil tentu saja adalah yang berhasil membukukan transaksi riil dalam jumlah signifikan.

Di saat itulah pengelola situs atau web master bisa bernafas lega. Tapi harus selalu diingat, itu adalah sebuah pertalian siklus yang tak putus. Pembuatan situs-Penayangan situs secara online-SEO-Traffic-Hits-Transaksi Elektronik adalah mata rantai berkesinambungan. Untuk bisa membukukan transaksi, sebuah situs harus memiliki peralatan (tools) yang tepat dan lengkap. Peralatan itu adalah:

·         Situs yang memadai dari segi tampilan maupun konektivitas.

·         Hosting berbayar yang memadai dari segi bandwith maupun kemampuan servernya.

·         Tersedianya setiap link yang ada (bukan broken link).

·         Update secara teratur terhadap isi situs (web content).

·         Kemudahan pengunjung situs mengakses situs dan isinya.

·         Ketersediaan produk/jasa yang ditawarkan secara riil.

·         Keamanan dalam transaksi elektronik.

·         Kejelasan prosedur transaksi dan pengantaran (delivery) produk/jasa yang ditawarkan.

Setelah semua itu kita miliki dan sediakan, barulah kita bisa mulai memakai SEO. Karena kalau tidak, percuma saja situs kita tampil di halaman pertama atau bahkan di ranking pertama pencarian, kalau cuma sekedar mau jadi ‘selebriti dunia maya’. Karena di dunia maya, semua semu bukan? Dunia maya baru berarti kalau di dunia nyata Anda mendapatkan manfaat darinya.

 

(Bersambung Selasa pekan depan)

2 responses to “Internet Marketing & SEO

  1. halo bang bayu… saya rudi sedang kuliah di universitas lampung jurusan manajemen, saya sangat tertarik dengan..bahasan internet marketing dan SEO yang anda posting…kiranya bg bayu mau membantu sya dengan cara menberi informasi lebih lanjut soal internet marketing dan SEO.
    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    • Oke…saya akan coba bung Rudi. Insya Allah. Tapi tidak bisa terlalu mendalam ya…nanti saya ‘dimarahi’ trainer yg buka kursus/training soal ini. Jadi memang tidak bisa diungkap semua, intinya harus bayar dulu utk tahu semua. Tapi saya akan bantu sedikit. Maklum sudah banyak yg lupa dari zaman kuliah plus juga sudah banyak perkembangan baru di dunia IT yg cepat. Jadi pengetahuan saya juga tdk banyak kok 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s