Apa Itu Sekolah Kehidupan?

Dalam acara PB 2008 kemarin, saya menerima beberapa pertanyaan tentang nama blog ini. Pertanyaan umum yang muncul adalah “Apa ada hubungannya sama sekolah?”

Rupanya, terminologi “Sekolah Kehidupan” tidak akrab buat sebagian orang. Bisa jadi ini karena indoktrinasi bahwa yang namanya sekolah itu ya cuma sekolah formal. Di negara kita itu berarti mulai dari jenjang TK,SD,SMP,SMA, hingga Perguruan Tinggi. Padahal, kehidupan ini adalah sekolah akbar. Ia adalah sekolah terbesar yang disediakan Tuhan untuk kita. Banyak, amat banyak hal yang tidak diajarkan di sekolah formal justru kita dapat di “Sekolah Kehidupan”. Karena itulah blog ini dinamakan “LifeSchool”, bahasa Inggris dari “Sekolah Kehidupan”.

Apa esensinya?

Saya sebagai sesama pelajar sekolah raya ini membuat blog yang saya dedikasikan sebagai sarana saling mengingatkan. Bukan berarti saya gurunya, karena guru itu justru kehidupan itu sendiri.

Luar biasa dahsyat mata pelajaran dari Sekolah Kehidupan ini. Sekedar menyebut secuil di antaranya adalah mulai dari cara makan dan berjalan, cara bicara dengan orang lain, hidup bertetangga, bernegosiasi dengan aparat, memesan tiket di stasiun, menaksir lawan jenis dan pacaran, berpolitik kantor, bahkan saya pun bisa membuat blog ini karena belajar dari sekolah kehidupan. Saking banyaknya, mata pelajarannya tak terhingga.

Uniknya, mata pelajarannya sangat customized, didesain khusus untuk tiap individu. Tidak ada yang sama. Kalau di dunia ini ada 5 milyar manusia, maka ada 5 milyar paket sekolah kehidupan yang didesain khusus. Dan yang beda dari sekolah biasa adalah, sekolah kehidupan akan terus mengulang-ulang pelajaran kehidupan yang sama sampai kita menguasainya.

Karena begitu luas dan beragamnya mata pelajaran sekolah kehidupan, maka postingan dalam blog ini juga beragam. Meski sebagian berasal dari pengalaman pengelola blog ini sendiri, namun ada pula pelajaran dari hal-hal lain. Anda bisa melihat di bagian kiri blog ini di mana terdapat sejumlah kategori.

Yang beda dari blog lain, Anda semua pembaca blog ini, para LifeLearner sekalian, boleh menyumbang artikel yang Anda pikir bermanfaat. Sudah pernah ada orang lain yang mengisi blog ini. Caranya gampang saja, kontak saya di lifeschool@yahoo.com beserta attachment artikel Anda. Memang sementara ini belum ada imbalan, namun nama Anda sebagai penulis tetap dicantumkan.

Karena kita semua adalah LifeLearner, maka kita bisa saling ingat-mengingatkan dalam kebaikan. Di sinilah saya berharap blog ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang berpikiran terbuka dan ingin maju, dengan belajar dari “Sekolah Kehidupan” bersama-sama.

One response to “Apa Itu Sekolah Kehidupan?

  1. wah bapak bayu memang bagus membuat tema blog ini dengan nama life school…mungkin cocok dengan istilah home schooling sekarang ini, seharusnya mungkin anak2 harus buka blog bayu mh, sebagai matapelajaran life learning.
    salut buat tulisan2nya banyak inspirasi dan ide2 saya dalam hidup…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s