Aksi Murni dan Oplosan

Anarkisme yang mewarnai demonstrasi anti BBM diduga didalangi oleh ‘aktor intelektual’. Dalam tayangan televisi, memang terlihat orang-orang yang melakukan perusakan kendaraan termasuk miliki Polri sepertinya terlalu tua untuk disebut mahasiswa. Dan benar, saat ditangkap, mereka memang bukan mahasiswa. Malah saya sebenarnya agak curiga dengan postur tegap dan rambut cepaknya. Perusak mobil polisi di atas jembatan Semanggi misalnya, tampak terlalu tua untuk ukuran mahasiswa.
Bahkan saat ditanya wartawan, beberapa dari mereka mengaku wartawan. Cuma Wartawan Tanpa Suratkabar alias WTS karena nama media yang mereka sebutkan tidak dikenal.
Saya sendiri menengarai pola awal dengan model kerusuhan 1998. Ada sekelompok orang yang berperan sebagai pemimpin yang mengomando melakukan aksi anarkis. Meski begitu, skalanya lebih kecil dengan personel terbatas. Disinyalir aksi ini ditunggangi mengingat ada sejumlah bendera yang diusung mewakili komunitas baru non-kampus. Adalah komunitas bernama Tali Geni alias Temu Aktivis Lintas Generasi yang mengaku terus terang dalam wawancara antara juru bicaranya Jefri Silalahi dengan wartawan pada hari Minggu (22/6) bahwa pihaknya adalah penyelenggara aksi. Sebuah komunitas lain bernama Komite Bangkit Indonesia (KBI) juga ditengarai berada di balik aksi ini. Inisial nama FY alias Fery Yuliantoro selaku Sekjen KBI pun disebut-sebut sebagai ‘dalang’ aksi tersebut. Mayjen TNI (Purn.) Syamsir Siregar selaku Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) yang menyebut indikasi tersebut.
Sebenarnya, aksi menentang kenaikan harga BBM tersebut muatannya bagus. Karena yang diperjuangkan toh kepentingan rakyat. Namun akan meleset kalau kemudian berujung pada upaya pemakzulan pemerintahan. Karena itu kemudian isyunya bergeser menjadi suksesi kekuasaan ala reformasi 1998. Makanya, kalau sampai ada pergeseran isyu, sudah pasti aksi tersebut bukan lagi aksi murni, melainkan cuma oplosan. Yah, seperti BBM yang banyak dijual eceran di pinggir jalan itulah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s