Museum Kesuksesan

Menyambangi rumah teman, baik yang betulan maupun di dunia maya, serasa mengunjungi “museum kesuksesan”. Dengan pengamatan yang baik, kita bisa melihat bagaimana perjalanan hidup si empunya rumah. Friendster misalnya, akan menggambarkan ‘narcissisme’ si pemilik dengan foto-foto yang begitu bungah, seolah senantiasa dalam kebahagiaan. Demikian pula di dalam rumah, akan ada foto-foto keluarga yang semuanya dalam wajah sumringah.

Memang, ada saja rumah yang tak terurus. Di dunia maya, saya seringkali mendapati penghuninya pun tak jelas. Ada yang tak memasang foto atau identitas jelas, atau malah menyamarkannya sekalian. Demikian pula di dunia nyata, kerapkali penghuni seperti menyembunyikan diri.

Sebenarnya, tidak apa kita menampilkan diri. Asalkan, jangan sampai menampilkan kesan kita menafikan atau meremehkan orang lain. ‘Museum kesuksesan’ itu haruslah mampu membuat orang lain ikut merasakan kebahagiaan dan manfaatnya, kalau bisa diajak sukses sekalian. Saya cukup beruntung beberapa kali sempat bertandang ke rumah sejumlah ‘orang besar’. Saya kok malah tidak melihat pameran kesuksesan itu. Di rumah seorang mantan Menteri Keuangan zaman Orde Baru misalnya, saya menyaksikan begitu banyak lukisan berkelas. Foto dirinya dan keluarganya malah cuma ‘nyempil’ di satu sudut. Demikian pula di rumah seorang konglomerat pribumi, begitu banyak barang koleksi di rumahnya, hingga menenggelamkan gambaran siapa si pemilik rumah.

Barangkali, ‘museum kesuksesan’ yang dimiliki orang-orang semacam itu justru sudah dicatatkan oleh orang lain. Entah itu lewat buku atau media massa. Sementara golongan yang belum dilirik orang lain -termasuk saya- terpaksa bernarciss ria lewat berbagai cara. Buat saya, salah satunya ya dengan membuat blog atau ngeceng di FS. Toh, narcissme tidak merugikan, asalkan jangan sampai berakhir duka seperti kisah tragis Narcissus itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s