What Are Friends Are For

Teman, kerapkali sangat dibutuhkan justru saat kita terdesak. Ungkapan “Itulah Gunanya Teman” yang berasal dari bahasa Inggris “What Are Friends Are For” mustinya diucapkan oleh pihak yang membantu. Dan sudah selayaknya pihak yang dibantu tahu diri.

Namun kerapkali, ucapan itu justru terbalik. Yang meminta bantuan yang mengatakan. Jadinya, seperti “teman makan teman”. Dan itu kerapkali terjadi. Saat kita mencoba jadi “orang baik” dengan berposisi sebagai “Tangan Di Atas”, kok malah sepertinya jadi sulit saat terpaksa jadi “Tangan Di Bawah.”

Saya paling ingat film alm. Benyamin. Di film itu Benyamin berperan sebagai orang susah yang saat ia mengalami kesulitan tak ada yang mau membantunya. Bahkan kakaknya sendiri pun berpaling. Ada adegan trenyuh saat anaknya Benyamin sakit dan membutuhkan makan, kakaknya mengatakan “Tidak ada beras” sembari menebarkan beras satu bakul untuk pakan ayamnya. Tapi saat keadaan berbalik dan Benyamin jadi kaya raya karena menemukan berlian di kali tempat ia memasang bubung ikan, semua berubah jadi baik.

Semua mengaku saudara, teman, kerabat, kenalan. Semua ingin kebagian kekayaan Benyamin. Dan dasar orang baik, Benyamin tidak dendam dan malah membantu. Ia menganggap kekayaan adalah amanah Tuhan. Bahkan gaya hidupnya tidak berubah, tetap doyan semur jengkol dan lalap pete. Mampukah kita seperti itu?

One response to “What Are Friends Are For

  1. lam kenal,
    eh, aku mau dunk mas pilemnya benyamin itu! apa judulnya??qra2 bs d dapet dmn yak??! ;p
    -thx b4-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s